Penandatanganan MOU dan Perjanjian Kerja Sama

Kerjasama - 23 Maret 2021 - 12:00 AM

Hari ini, 23 Maret 2021, telah diadakan penandatanganan kerjasama antara Prodi Arsitektur ITK dengan Ikatan Arsitek Indonesia serta 2 konsultan perencana yang ada di Balikpapan. Adapun kedua konsultan perencana tersebut adalah PT Maya Loka Studio dan juga PT Sharon Akar Cipta. Kerjasama dilakukan untuk mewujudkan kegiatan magang, dalam rangka mensukseskan MBKM. Kerjasama ini dibutuhkan sebagai pengembangan kegiatan belajar para mahasiswa arsitektur ITK di luar lingkungan kampus. 

Berdasarkan dialog yang dilakukan antara pimpinan ITK, kepala jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan (JTSP), dan para dosen arsitektur dengan mitra kerjasama, kegiatan belajar mengajar di kampus tidaklah cukup menjadi bekal para mahasiswa dalam memasuki dunia kerja. Perlu wawasan yang lebih banyak dan juga gambaran nyata bagaimana lingkungan kerja yang sesungguhnya. Melalui magang ataupun kerja praktik, para mahasiswa dapat merasakan bagaimana proses bekerja dari mulai bertemu klien, proses desain, hingga produk arsitektur layak untuk digunakan sebagai acuan sebuah proyek. Begitu juga dalam proses pendidikan di dalam kampus, perlu adanya gambaran dari para praktisi profesional. Oleh karena itu dilakukan kerjasama dalam satu mata kuliah studio perancangan yang melibatkan langsung para arsitek profesional untuk membimbing para mahasiswa. 

Acara dimulai dengan sambutan oleh Bapak Prof. Ir. Budi Santosa, M.S., Ph.D selaku Rektor ITK yang tentu saja mendukung terselenggaranya kerja sama ini. Lalu dilanjutkan dengan penandatanganan MOU serta PKS oleh Bapak Wahyullah Bandung selaku ketua IAI Balikpapan, Bapak I Gede Dewa Alit selaku direktur PT Maya Loka Studio dan Bapak Frider Simanjutak selaku direktur PT Sharon Akar Cipta Studio. Dari pihak ITK diwakili oleh Ibu Nurul Widiastuti, S.Si., M.Si., Ph.D yang merupakan Wakil Rektor bidang akademik ITK. Dengan adanya kerjasama ini diharapkan para mahasiswa Prodi Arsitektur ITK menjadi lulusan yang matang secara mental untuk menghadapi dunia kerja dan memiliki kemampuan untuk menjalankan praktik profesi di dunia profesional.