Pameran Mata Kuliah Estetika Bentuk dan Teknik Gambar Arsitektur oleh Mahasiswa Arsitektur ITK Angkatan 2020

Pameran - 02 Juli 2021 - 12:00 AM

Pada tanggal 17-18 Juni 2021 kemarin, telah diadakan Pameran untuk Mata Kuliah Estetika Bentuk dan Teknik Gambar Arsitektur di studio desain Laboratorium Terpadu ITK. Pameran ini diadakan dalam rangka menyelesaikan tugas akhir semester 3 oleh para mahasiswa Prodi Arsitektur ITK angkatan 2020.

Dalam Mata Kuliah Estetika Bentuk, para mahasiswa diminta untuk membuat membuat model trimatra Paviliun dengan menggubah komposisi bentuk 3 dimensi berdasarkan teori bidang, aspek keruangan, bahasa rupa, dan variabel bentuk fisik. Tema Paviliun sebagai Ruang Kreatif diangkat menjadi fungsi pada masing - masing project. Tugas ini dilakukan secara kelompok yang beranggotakan 3 orang. Dalam satu semester mereka menyelesaikan proses pengolahan massa trimatra dengan diskusi bersama dosen pembimbing. Mereka bersama - sama menyusun konsep dan gubahan massa, namun hasil akhirnya setiap mahasiswa memiliki bentuk dan konsepnya masing - masing. Setelah itu dilanjutkan dengan membuat satu produk maket dengan bentuk dan material yang sesuai dengan rancangan konsepnya. Adapun hasil akhir presentasi setiap kelompok dapat disaksikan di konten channel youtube "Arsitektur ITK".



Selain pameran hasil belajar dari mata kuliah Estetika Bentuk, para mahasiswa juga melakukan gelar karya untuk mata kuliah Teknik Gambar Arsitektur. Karya mereka ini juga merupakan tugas akhir semester 3 yang merupakan hasil pembelajaran dalam satu semester. Para mahasiswa diminta untuk membuat poster dengan gambar tangan yang memuat gambar kerja berupa denah, tampak, potongan dan perspektif. Dalam poster tersebut, mereka menyusun obyek yang sama namun dengan konsep poster sesuai dengan kreativitas masing - masing.

 

Video Terkait :