Pameran Fotografi Arsitektur in Tiba-Tiba Pameran

Pameran - 30 Juni 2023 - 12:00 AM

Balikpapan - Desain Komunikasi Visual x Arsitektur ITK kembali mengadakan kolaborasi pameran tugas akhir mata kuliah dengan tajuk "Tiba-Tiba Pameran" pada Senin-Selasa, 20-21 Juni 2023 di Selasar ULT Gedung A Kampus ITK. Acara dibuka pada pukul 10.00 WITA dan secara resmi dibuka oleh Prof. Erma Suryani, S.T., M.T., Ph.D selaku Wakil Rektor Bidang Akademik ITK. Selain itu dihadiri pula oleh Bapak Ir. Khakim Ghozali, M.MT. selaku Wakil Rektor Bidang Non Akademik, Bapak Rizky Arif NUgroho, S.T., M.T. selaku Ketua Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan, Ibu Supratiwi Amir, S.Ds., M.Sn. selaku Koordinator Program Studi DKV, serta bapak/ibu dosen dari Prodi DKV dan Arsitektur.

Tiba-Tiba Pameran menjadi inisiasi dua program studi yang dilatarbelakangi oleh adanya upaya untuk mencipatakan kegiatan reflektif dengan tujuan menjalin dialog antara pencipta karya dengan publik sebagai apresiator serta apresiator dengan karya yang dipajang guna memperoleh aspirasi seluas-luasnya dari sudut pandang publik. Seluruh karya mahasiswa akan dipajang selama dua hari dan salah satunya adalah Fotografi Arsitektur.

Mata Kuliah Fotografi Arsitektur dalam pameran ini mengangkat tema "The Facade of Balikapapan: Discovering the Untold Architecture" dalam karya tugas besar yang telah dibuat oleh mahasiswa sebagai pengganti Ujian Akhir Semester Genap TA 2022/2023. Tema ini dilatarbelakangi oleh Kota Balikpapan sebagai salah satu kota besar di Kalimantan Timur memiliki keragaman masyarakat serta budaya di dalamnya. Keragaman ini yang justru menyamar abu-abukan orisinalitas dari semesta Balikpapan itu sendiri, termasuk pada arsitekturnya. Melalui tema ini mahasiswa akan diajak untuk merangkai sebuah alur cerita (photo story) dengan mengungkap secara jeli wajah atau fasad dari kota Balikpapan menurut interpretasi masing-masing melalui susunan prolog hingga epilog dari satu maupun beberapa kawasan di Balikpapan secara detil. Kemampuan spasial, mendalami konteks, menemukan obyek, menggali sense, merangkai cerita, serta rasa kepemilikan akan kota menjadi faktor-faktor yang membantu mahasiswa dalam menemukan fasad dari kota dalam wujud arsitektur. 

Terdapat 19 karya pilihan dari total 28 mahasiswa yang telah dikurasi berdasarkan kesesuaian tema, alur cerita yang disajikan, konsep yang dibangun, komposisi, hingga prinsip-prinsip dan gaya fotografi yang digunakan untuk membuat rangkaian cerita tersebut. Karya dipaprkan secara dramatis dalam wujud berwarna atau hitam putih menyesuaikan selera dan sensitifitas cerita yang diangkat. Melalui pameran karya fotografi ini, kami berharap ini menjadi sebuah wadah untuk berbagi bagaimana perjuangan melahirkan komposisi yang epik dan menemukan cerita tersembunyi dari setiap sudut bangunan dan kehidupan di dalamnya pada kota tercinta ini, yaitu Balikpapan dan seluruh semesta yang mengelilinginya. Selain itu, diharapkan mampu menjadi referensi untuk menjelajah lebih dalam kehidupan kota untuk ke depannya terutama bagi para pendatang. Menutup artikel ini, kami menanyakan kembali ke para pembaca bahwa "Sudah seberapa jauh kalian mengenal kota Balikpapan?"


-Armin (2023)-

 

Cover Photo by: Donalia - 15211018