Kuliah Umum Prodi Arsitektur ITK x Architecture Department Toyohashi University of Technology Japan

Kuliah Umum - 11 Januari 2023 - 12:00 AM

Balikpapan - Sebagai pembuka kegiatan akademik di awal tahun 2023, Program Studi Arsitektur Institut Teknologi Kalimantan mengadakan kuliah umum perdana yang berkolaborasi dengan Department of Architecture and Civil Engineering Toyohashi University of Technology Jepang dengan mengangkat tema Architecture and Cities. Kuliah umum diselenggarakan pada Senin, 09 Januari 2023 pukul 09.00 WITA berlokasi di Kampus Institut Teknologi Kalimantan Gedung G Ruang 305. Kuliah ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Prodi Arsitektur serta Perencanaan Wilayah dan Kota ITK serta terbuka untuk umum. Kuliah dibuka oleh Dr. Eng. Ardiansyah Fauzi, S.T., M.T., M.Eng. selaku Ketua Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan ITK serta dipandu oleh oleh Muhammad Yogi Raditya, S.T., M.Eng. dari Prodi Arsitektur ITK selaku moderator pada kegiatan tersebut.

Narasumber utama pada kuliah umum ini adalah Prof. Junichiro Asano dari Toyohashi University of Technology dengan materi yang berjudul "Study on the Process and Characteristics of Postwar Urban Area Formation in Regional Core Cities from 1960 to 2015: Comparing Between Cities with the Postwar Reconstruction Project and Those Without". Prof Asano memaparkan hasil penelitiannya mengenai proses tatanan spasial beberapa kota di Jepang yang berdampak pasca perang dunia dan bagaimana perkembangan dan rekonstruksinya hingga saat ini. 

Narasumber berikutnya adalah Nadia Almira Jordan, S.T., M.T. dari Arsitektur Institut Teknologi Kalimantan yang memaparkan materi mengenai "Study on the Morphological Pattern of Balikpapan City Development as an Industrial and Multicultural City". Ibu Nadia menjelaskan kepada peserta kuliah mengenai pola morfologi kota Balikpapan dari masa awal berdirinya hingga saat ini serta bagaimana Balikpapan berkembang menjadi kota industrial dan kola multikultur.

Kuliah umum ditutup dengan penyerahan plakat dan sertifikat kepada Prof. Junichiro Asano yang diwakilkan oleh Ibu Nadia Almira Jordan selaku Koordinator Program Studi Arsitektur ITK. Kegiatan selanjutnya adalah sesi foto bersama dengan seluruh peserta kuliah umum. Melalui kegiatan ini diharapkan mampu menjadi awal terjalinnya kerja sama internasional antara ITK dengan Toyohashi University of Technology khususnya dalam bidang Arsitektur. 


Armin (2023)