Kuliah Umum Bersama Budi Pradono

Kuliah Umum - 02 Mei 2023 - 12:00 AM

Balikpapan - Program Studi Arsitektur ITK kembali mengadakan kuliah umum bagi seluruh mahasiswa Arsitektur sebagai rangkaian agenda rutin dalam upaya mewujudkan suasana akademik yang baik di lingkungan program studi. Kuliah tamu ini mengundang Bapak Budi Pradono, IAI selaku Principal Architect PT Budi Pradono Architects dan BPA Insitute. Beliau akan mengisi materi dengan judul "Design Research and Brainstorming in Architecture". Kuliah ini dimoderatori oleh Bapak Ar. Muhammad Yogi Raditya, S.T., M.Eng., IAI selaku dosen dosen Program Studi Arsitektur.

Melakukan riset artinya mengidentifikasi sebuah masalah, menjustifikasi mengapa hal tersebut menjadi masalah, melakukan literature review dan hipotesis awal untuk selanjutnya dilakukan analisis terhadap data – data yang diperoleh sehingga muncul sebuah kesimpulan yang membantu menyelesaikan masalah tadi. Metode ini tidak jauh berbeda terhadap bagaimana sebuah gagasan/ide desain arsitektur menjadi penyelesaian masalah di lapangan.

Arsitektur adalah sebuah disiplin ilmu yang memiliki produk karya ciptaan di mana merupakan hasil dari proses transformasi dan interpretasi terhadap lingkungan binaan, serta artikulasi ruangan dari berbagai skala. Arsitektur melibatkan aspek seni, sains, perilaku, konservasi, manajemen konstruksi dan juga tidak dapat terpisahkan dari kondisi budaya, etika, estetika, sosial-ekonomi, politik, serta lingkungan yang berpengaruh pada kualitas hidup manusia. Oleh karena itu, arsitektur juga menghadapi banyak tantangan global seperti krisis iklim, globalisasi, urbanisasi, transformasi sosial bahkan teknologi.

Perubahan dan perkembangan pesat inilah yang pada akhirnya membuat kedudukan riset menjadi penting sebagai perluasan berkelanjutan sehingga arsitek masa depan ini mampu memahami konsekuensi perubahan, mengantisipasi kerusakan iklim, dsb sehingga mempu menghasilkan karya arsitektur yang baik. Jadi dalam konteks ini, muncul pertanyaan:

  1. What is design research and brainstorming in architecture?
  2. Bagaimana proses riset dan pengembangan sebuah ide sangat penting dalam desain arsitektur?
  3. Bagaimana mendapatkan pendekatan dan konsep yang tepat dalam setiap desain arsitektur yang pastinya punya problem statement yang beragam?

Budi Pradono dikenal sebagai seorang arsitek yang memiliki biro konsultan yang bergerak di bidang arsitektur dan juga memiliki semangat dalam berkolaborasi di dunia pendidikan arsitektur. Karya – karyanya pun selalu inovatif dan kaya akan penggunaan material. Tak sedikit pula penghargaan yang sudah diraih dari kompetisi arsitektur. Hal ini pasti tidak lepas dari aspek pribadi yang terus bertumbuh dan belajar sehingga tergambar dari setiap karya – karyanya. Selain itu, dalam kuliah ini beliau memaparkan beberapa karya terpilih yang kontekstual dengan proses desain yang melibatkan riset di dalamnya.

Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa Program Studi Arsitektur mampu memperoleh wawasan serta menambah referensi mereka dalam melakukan desain, terutama dalam melakukan penggalian terhadap konsep desain yang bersumber pada kegiatan riset dan brainstorming sebagai langkah awalnya. Selain itu diharapkan pada kuliah umum kali ini, bisa tergambar bagaimana kegiatan magang yang sudah dilakukan di bpa institute sehingga para mahasiswa tertarik untuk bergabung serta belajar langsung dari dunia praktisi.


-Armin (2023)-