Kuliah Tamu: Proses Desain Karya Trimatra dan Dwimatra Bentuk Abstrak

Kuliah Tamu - 30 Mei 2022 - 12:00 AM

Balikpapan - Program Studi Arsitektur Institut Teknologi Kalimantan mengadakan kuliah tamu bagi mahasiswa prodi dengan tema Proses Desain Karya Trimatra dan Dwimatra Bentuk Abstrak pada tanggal 23 April 2022 di Laboratorium Studio Desain dan Tata Ruang, Laboratorium Terpadu ITK. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Prodi Arsitektur angkatan 2021 yang sedang menempuh Mata Kuliah Estetika Bentuk. Kuliah tamu dibuka secara langsung oleh Ketua Program Studi Arsitektur ITK, Ibu Nadia Almira Jordan, S.T., M.T serta dipandu oleh Ibu Sherlia, S.T., M.Eng selaku moderator yang juga merupakan Koordinator Mata Kuliah Estetika Bentuk.

Konsep estetika serta kemampuan olah bentuk trimatra dan dwimatra merupakan dasar ilmu Perancangan yang harus dimiliki oleh mahasiswa Arsitektur agar mampu menggubah massa bentukan bangunan pada tahap perencanaan dan Perancangan bangunan. Pada Mata Kuliah Estetika Bentuk, mahasiswa peserta kuliah ini dituntut untuk mampu membuat model wujud trimatra dan dwimatra melalui penguasaan konsep teoritis estetika dan pemaknaan dalam Arsitektur seperti unsur desain, ragam bentuk, transformasi dan komposisi bentuk, bidang, aspek keruangan, bahasa rupa, dan variabel bentuk fisik Untuk itu kegiatan ini dibuat dalam rangka membuka pemahaman mahasiswa dalam menghasilkan rancangan desain bentuk dwimatra dan trimatra melalui pemaparan dan pemberian contoh karya instalasi dari seorang Arsitek Profesional anggota IAI yang memiliki pengalaman dalam merancang bentuk dwimatra dan trimatra. Mahasiswa akan diberikan contoh terkait proses desain bentuk mulai dari tahap pendahuluan hingga tahap akhir Perancangan dan perwujudan karyanya.

Kuliah tamu ini dibawakan oleh Bapak Ar. Ardiyansah, S.T., M.T., IAI selaku Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Wilayah Balikpapan dan juga Dosen Program Studi Arsitektur Universitas Balikpapan (UNIBA). Dalam kuliah tamu ini beliau akan membahas lebih mendalam tentang proses desain karya trimatra abstrak mulai dari konsep rancangan, transformasi bentuk, komposisi bentuk, dan pembuatan karya. Untuk selebihnya dapat dikembangkan sesuai dengan arahan dan ide dari pemateri. Selain itu, beliau juga memaparkan perjalanan karir serta pengalamannya dalam menjadi seorang praktisi profesional di bidang arsitektur melalui karya-karya yang telah dirancang, termasuk memberikan wawasan kepada mahasiswa mengenai bagaimana bekerja secara profesional di lingkup arsitektur. 

Melalui kuliah tamu ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan serta wawasan baru bagi peserta kuliah tamu mengenai cara berpikir dan proses dalam mendesain suatu rancangan arsitektural dengan tetap mempertimbangkan unsur estetika di dalam setiap desain atau rancangannya. Kuliah tamu diakhir dengan sesi tanya jawab oleh peserta, penyerahan plakat dan sertifikat bagi pembicara dan foto bersama dengan seluruh sivitas akademika Prodi Arsitektur ITK.


-Armin (2022)-