Jurnal: Journey of Art Architecture x Visual Communication Design Exhibition 2022

Pameran - 27 Desember 2022 - 12:00 AM

Balikpapan - It’s Appreciation Week!

Program Studi Arsitektur x Desain Komunikasi Visual ITK mempersembahkan sebuah kolaborasi eksibisi proyek akhir semester ganjil 2022/2023 (Final Project Exhibition December 2022) bertajuk:
“Jurnal ITK: Journey of Art - Architecture x Visual Communication Design Exhibition 2022”

Event ini merupakan rangkaian kegiatan dari pekan apresiasi karya mahasiswa (Appreciation Week) dan evaluasi akhir semester yang dikemas dalam berbagai acara mulai dari Ujian Tugas Besar Mata Kuliah (Final Display), Presentasi Karya (Project Presentation), serta Pameran Karya Mahasiswa (Student Project Exhibition) dari Program Studi Arsitektur dan mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual. Eksibisi ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan wadah bagi mahasiswa dalam berekspresi, berpikir kreatif, serta mampu mempresentasikan hasil karyanya secara publik. Mengangkat tema “Time-lapse” yang akan membawa anda untuk melihat perjalanan dan proses berpikir mahasiswa Arsi x DKV dalam menghasilkan suatu karya yang direpresentasikan secara dua dimensi hingga ke ranah tiga dimensi.

Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari pada Selasa-Kamis, 20-22 Desember 2022 pukul 09.00-15.30 WITA di Auditorium Laboratorium Terpadu Lantai 3 Kampus ITK Balikpapan dan terbuka untuk umum. Acara diisi dengan rangkaian kegiatan beragam mulai dari pameran karya, presentasi karya, hingga ujian akhir karya mahasiswa. Hari pertama dibuka dengan sambutan oleh Koordinator Program Studi Arsitektur Ibu Nadia Almira Jordan, S.T., M.T. serta Koordinator Program Studi Desain Komunikasi Visual Ibu Olivia Febrianty Ngabito, S.Sn., M.Sn. sekaligus membuka secara resmi acara Jurnal ITK 2022 dengan melakukan countdown. Hari kedua diisi dengan parallel session kegiatan pameran serta final display Mata Kuliah Perancangan Arsitektur 1 oleh mahasiswa Arsitektur angkatan 2021. Hari ketiga diisi dengan parallel session kegiatan pameran serta final display Mata Kuliah Perancangan Arsitektur 3 oleh mahasiswa Arsitektur angkatan 2020. Acara dilanjutkan dengan apresiasi bersama yang dilakukan oleh mahasiswa Arsitektur 2020, 2021, dan 2022 serta mahasiswa DKV 2022 untuk mengunjungi setiap karya yang sedang dipamerkan.

Eksibisi ini telah menampilkan karya-karya mahasiswa meliputi panel poster, sketsa, gambar kerja, dan maket dari beberapa mata kuliah terpilih meliputi:
1.    Kelas Perancangan Arsitektur 1 (ARS)
2.    Kelas Perancangan Arsitektur 3 (ARS)
3.    Kelas Arsitektur Nusantara dan Arsitektur Tradisional Kalimantan Timur (ARS)
4.    Kelas Gambar Arsitektur Dasar (ARS)
5.    Kelas Nirmana 2D (DKV)
6.    Kelas Gambar Bentuk (DKV)

Melalui event ini kami juga turut mengajak anda untuk dapat berinteraksi secara langsung dengan mahasiswa beserta karyanya serta turut berpartisipasi untuk melakukan vote terhadap karya-karya terbaik versi pengunjung. Rangkaian eksibisi Jurnal ITK ditutup dengan rangkaian acara awarding atau penghargaan atas karya-karya favorit pilihan pengunjung dari seluruh karya yang dipamerkan. Acara ditutup secara resmi oleh Koordinator Program Studi Arsitektur serta Koordinator Program Studi Desain Komunikasi Visual pada Kamis, 22 Desember 2022 dan dilanjutkan dengan foto bersama.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kegiatan ini, dapat mengunjungi Official Instagram account: @jurnal.itk melalui link: https://instagram.com/jurnal.itk?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Let us tell you a journey of creativity through our projects! sampai ketemu di eksibisi akhir semester berikutnya!


-Armin (2022)-