ITK Open House 2023 - Prodi Arsitektur ITK

Pameran - 02 Juni 2023 - 12:00 AM

Balikpapan - Institut Teknologi Kalimantan kembali menggelar agenda tahunan dalam rangka sosialisasi dan promosi kampus serta program studi dalam rangkaian acara bertajuk ITK Open House 2023. Agenda ini mengusung tema "Explore Our Universe" dengan tujuan memperkenalkan semesta ITK kepada khalayak umum agar dapat dikenal secara luas. ITK Open House 20233 diselenggarakan pada Sabtu dan Minggu, 11-12 Februari 2023 di Kampus ITK Karang Joang, Balikpapan. Rangkaian acara yang disuguhkan oleh agenda ini meliputi expo program studi, expo unit kegiatan mahasiswa, sosialisasi seleksi masuk perguruan tinggi, kelas perkuliahan, tur kampus, hingga talkshow.

Program Studi Arsitektur turut berpartisipasi dalam kegiatan ini sebagai bentuk promosi program studi kepada publik. Arsitektur menampilkan beberapa karya-karya mahasiswa melalui expo program studi yang berasal dari berbagai mata kuliah, seperti pameran maket, gambar sketsa, gambar kerja arsitektur, poster mata kuliah, hingga infografik. Prodi tahun ini mengangkat tema "Arsitektur Era" pada booth epo dengan maksud untuk memperkenalkan era perjalanan arsitektur dari masa ke masa agar publik mengetahui bagaimana proses evolusi arsitektur berkembang di setiap zamannya. Expo diisi dengan berbagai kegiatan menarik di dalamnya, seperti sharing session prodi, pojok konsultasi, keliling melihat karya, hingga games menarik seperti menyusuri labirin estetika dan menyusun puzzle maket bangunan.

Rangkaian kegiatan berikutnya adalah Campus Tour yang dilakukan pada Minggu, 12 Februari 2023 dengan berkeliling area kampus ITK mulai dari asrama, gedung administrasi, gedung perkuliahan, dan laboratorium terpadu (labter). Seluruh peserta juga dibawa untuk mengelilingi labter dalam rangka melihat rangkaian kegiatan mahasiswa selama di lab bersama dengan hasil karya di dalamnya. Prodi Arsitektur pada kunjungan lab ini berkesempatan untuk memperlihatkan hasil kerja mahasiswa arsitektur di Laboratorium Studio Desain dan Tata Ruang. Karya-karya tersebut merupakan karya-karya terpilih dari semester 1 hingga semester 6 dari berbagai mata kuliah dalam bentuk gambar kerja, gambar sketsa, poster, hingga maket studio. Selain itu, prodi juga mengadakan berbagai macam workshop yang dapat dilihat secara langsung peserta bahkan dapat turut serta bergabung pada workshop tersebut, meliputi workshop pembuatan maket, workshop menggambar arsitektur, dan workshop simulasi komputasi arsitektur.

Kegiatan terakhir dari rangkaian acara ini adalah kelas perkuliaha (class sit-in) yang dibawakan oleh seluruh program studi kepada pengunjung ITK Open House 2023. Dalam rangka mempromosikan kampus dan prodi, maka melalui ITK Open House ini setiap prodi membawakan sebuah simulasi kelas perkuliahan dengan materi-materi yang berkaitan dengan keilmuan prodi dan disertai dengan judul-judul kelas yang menarik. Program Studi Arsitektur tahun ini mengangkat tema "Beyond the Limit" yang artinya bagaimana kita sebagai seorang calon perencana masa depan dapat berpikir kreatif tanpa adanya batasan-batasan yang menghalangi demi menciptakan desain yang kuat, fungsional, indah, dan inovatif. Kelas ini mengajak pengunjung untuk mengeksplorasi pola dan proses berpikir arsitek-arsitek terkenal dalam menciptakan suatu rancangan bangunan hingga dapat dikenal secara ikonik. Kelas dilaksanakan pada Minggu, 12 Februari 2023 dan diikuti oleh beberapa siswa/siswi SMA sederajat.

Melalui kegiatan ITK Open House ini diharapkan mampu membawa dampak yang luar biasa bagi promosi publik kampus ITK dan mampu menarik animo siswa/siswi di Kota Balikpapan dan sekitarnya agar dapat tertarik masuk di kampus ITK, khususnya di Prodi Arsitektur ITK. Kami tunggu kehadiran anda semua di kampus ITK. Sampai bertemu kembali di ITK Open House 2024. 


Armin (2023)