Artikulasi Vol. 2: Jelajah

Sharing Session - 15 Desember 2022 - 12:00 AM

Balikpapan - Dalam rangka memperkenalkan prodi lebih dekat dengan mahasiswa, maka Prodi Arsitektur kembali menyelenggarakan sharing session seri ARTIKULASI Vol. 2 yang bertajuk Jelajah pada Sabtu, 29 Oktober 2022 di Gedung E Ruang 202 Kampus ITK. Sharing session series ARTIKULASI merupakan sebuah kuliah umum yang membahas mengenai fenomena-fenomena arsitektur yang dikemas dengan santai. Kegiatan ini juga merupakan sebuah sarana untuk memperkenalkan Rumpun Mata Kuliah (RMK) yang dimiliki oleh prodi kepada seluruh mahasiswa. Pengenalan RMK ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai fokus keilmuan yang ada di dalam prodi serta memberikan gambaran keminatan bagi mahasiswa, khususnya dalam melaksanakan Tugas Akhir (TA).

Series kedua dari ARTIKULASI ini mengangkat tema Jelajah yang merupakan pengenalan RMK Teori, Sejarah, Kritik, dan Konservasi Arsitektur (TSKK) sebagai RMK pertama di dalam Prodi Arsitektur ITK. Materi jelajah dibawakan oleh Bapak Denny Huldiansyah, S.T., M.Arch yang merupakan ketua dari RMK TSKK serta dipandu oleh Ibu Tiara Rukmaya Dewi, S.T., M.Sc. Kegiatan ini memperkenalkan RMK yang ada di dalam Prodi Arsitektur, memperkenalkan RMK TSKK, materi atau kajian yang dibahas di dalam RMK TSKK, ruang lingkup keilmuan, mata kuliah terkait, hingga sosialisasi pengenalan prosedur Tugas Akhir (TA). Menjelajah arsitektur tidak hanya melalui eksplorasi lapangan tetapi dapat juga menjelajah melalui literatur karena literatur adalah jendela dunia. 

Mahasiswa yang hadir pada acara ini merupakan mahasiswa angkatan 2020 dan 2021 yang cukup antusias mengikuti sharing session ini. Dalam kegiatan ini mahasiswa juga diperkenankan untuk menjelajah lebih jauh mengenai RMK TSKK dan memahami secara mendalam prosedur TA yang melibatkan RMK sebagai bentuk pendekatan desain sesuai dengan minat dari masing-masing mahasiswa. Sharing session ditutup dengan foto bersama dengan pemateri. 


-Armin (2022)-