ARCTION 2023 – Imagination : Mater Vs Mind

Pameran - 21 Desember 2023 - 12:00 AM

Balikpapan - Honoring Those Who Make a Difference Week

Dengan bangga Program Studi Arsitektur ITK mempersembahkan sebuah eksibisi proyek akhir semester ganjil 2023/2024 (Final Project Exhibition December 2023) bertajuk: “ARCTION 2023 – Imagination : Mater Vs Mind”

ARCTION 2023 ini merupakan rangkaian kegiatan dari pekan apresiasi karya mahasiswa (Appreciation Week), seminar hingga evaluasi akhir semester yang dikemas dalam berbagai acara mulai dari Ujian Tugas Besar Mata Kuliah (Final Display), Presentasi Karya (Project Presentation), Pameran Karya Mahasiswa (Student Project Exhibition) dari Program Studi Arsitektur.

Acara eksibisi diisi dengan rangkaian kegiatan beragam mulai dari pameran karya, presentasi karya, hingga awarding karya fovarite. Hari pertama dibuka dengan tarian tradisional dilanjutkan sambutan oleh Kepala biro akademik dan umum Bapak Yuspian, S.Sos., M.I.R., Ketua Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan Bapak Rizky Arif Nugroho, S.T., M.T. serta dilanjutkan oleh Koordinator Program Studi Arsitektur Ibu Sherlia, S.T., M.Eng. Pada saat bersamaan acara ARCTION 2023 sekaligus dibuka secara resmi dengan melakukan countdown.

Hari kedua diisi dengan parallel session kegiatan pameran serta final display dan dilanjutkan dengan apresiasi bersama yang dilakukan oleh seluruh pengunjung dengan mengunjungi setiap karya yang sedang dipamerkan dan tidak hanya itu, Secara umum eksibisi ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan wadah bagi mahasiswa dalam berekspresi, berpikir kreatif, serta mampu mempresentasikan hasil karyanya kepada publik. Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari pada jumat dan sabtu, 8-9 desember 2023 pukul 10.00-16.00 WITA di Auditorium Laboratorium Terpadu Lantai 3 Kampus ITK Balikpapan dan terbuka untuk umum.

Eksibisi ini telah menampilkan karya-karya mahasiswa meliputi Maket, gambar kerja, poster dari beberapa mata kuliah terpilih meliputi:

1.    Gambar Arsitektur Dasar

2.    Perancangan Arsitektur 1

3.    Arsitektur Nusantara

4.    Komputasi Desain

5.    Desain Kawasan

6.    Perencanaan Arsitektur 3

7.    Arsitektur Digital

8.    Perilaku dan Lingkungan Binaan

9.    Perancangan Arsitektur 5

10.  Kerja Praktik

11.  Arsitektur Tepian Air

Melalui event ini, pengunjung dan mahasiswa diajak untuk dapat berinteraksi secara langsung terkait karya yang di pamerkan, disamping itu peserta dan pengunjung juga dapat melakukan voting untuk menentukan karya yang dianggap terbaik dari setiap karya mata kuliah. Rangkaian eksibisi ARCTION 2023 ditutup dengan rangkaian acara awarding atau penghargaan atas karya-karya favorit pilihan pengunjung dari seluruh karya yang dipamerkan. Acara ditutup secara resmi oleh Koordinator Program Studi Arsitektur pada selasa, 9 desember 2023 dan dilanjutkan dengan foto bersama.

Sebagai penutup

Dengan ini, mari kita sambut masa depan yang dipenuhi dengan desain inovatif dan inspiratif. Pameran ini menjadi panggung bagi kreativitas tanpa batas. Semoga setiap desain yang dipresentasikan dapat menjadi inspirasi bagi kita semua. Degan begitu arsitektur bukan hanya tentang struktur fisik, tetapi juga cerminan imajinasi dan visi, Sampai bertemu pada ARCTION 2024.

- Armin 2023