Architecture Exhibition – ARCTION 2023

Pameran - 24 Juni 2023 - 12:00 AM

Balikpapan - Honoring Those Who Make a Difference Week

Dengan bangga Program Studi Arsitektur ITK mempersembahkan sebuah eksibisi proyek akhir semester genap 2022/2023 (Final Project Exhibition June 2023) bertajuk: “Architecture Exhibition – ARCTION 2023: Evolve Towards To Golden Time”

ARCTION 2023 ini merupakan rangkaian kegiatan dari pekan apresiasi karya mahasiswa (Appreciation Week), seminar hingga evaluasi akhir semester yang dikemas dalam berbagai acara mulai dari Ujian Tugas Besar Mata Kuliah (Final Display), Presentasi Karya (Project Presentation), Pameran Karya Mahasiswa (Student Project Exhibition) dari Program Studi Arsitektur serta ketambahan beberapa karya mahasiswa perencanaan wilayah dan kota.

Acara eksibisi diisi dengan rangkaian kegiatan beragam mulai dari pameran karya, presentasi karya, hingga ujian akhir karya mahasiswa. Hari pertama dibuka dengan tarian tradisional dilanjutkan sambutan oleh Ketua Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan Bapak Rizky Arif Nugroho, S.T., M.T. serta dilanjutkan oleh Koordinator Program Studi Arsitektur Ibu Sherlia, S.T., M.Eng. Sekaligus membuka secara resmi acara ARCTION 2023 dengan melakukan countdown. Hari kedua diisi dengan parallel session kegiatan pameran serta final display dan dilanjutkan dengan apresiasi bersama yang dilakukan oleh seluruh pengunjung dengan mengunjungi setiap karya yang sedang dipamerkan dan tidak hanya itu, eksibisi kali ini sangat spesial karna pada hari pertama kedatangan tamu ketua Ikatan Arsitek Indonesia Balikpapan Bapak Ar. Wahyullah Bandung, S.T., M.Si. kedatangan beliau tidak hanya meninjau serta melihat langsung karya mahasiswa juga memberikan materi penguatan kepada para mahasiswa serta pengunjung dengan topik materi: Peta Jalan Menuju Praktik Profesi Arsitek.

 

 

          

Secara umum eksibisi ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan wadah bagi mahasiswa dalam berekspresi, berpikir kreatif, serta mampu mempresentasikan hasil karyanya kepada publik. Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari pada Senin dan Selasa, 19-20 Juni 2023 pukul 08.00-15.30 WITA di Auditorium Laboratorium Terpadu Lantai 3 Kampus ITK Balikpapan dan terbuka untuk umum.

Eksibisi ini telah menampilkan karya-karya mahasiswa meliputi Maket, gambar kerja, poster serta  executive summary dari beberapa mata kuliah terpilih meliputi:

1.    Kelas Perancangan Arsitektur 2 (Arsitektur)

2.    Kelas Perancangan Arsitektur 4 (Arsitektur)

3.    Estetika Bentuk (Arsitektur)

4.    Pengantar Perumahan dan Permukiman (Arsitektur)

5.    Struktur Bangunan (Arsitektur)

6.    Perencanaan Tapak (Perencanaan Wilayah dan Kota)

7.    Teori Rancang Kota (Perencanaan Wilayah dan Kota)

Melalui event ini, pengunjung dan mahasiswa diajak untuk dapat berinteraksi secara langsung terkait karya yang di pamerkan, disamping itu peserta dan pengunjung juga dapat melakukan voting untuk menentukan karya yang dianggap terbaik dari setiap karya mata kuliah. Rangkaian eksibisi ARCTION 2023 ditutup dengan rangkaian acara awarding atau penghargaan atas karya-karya favorit pilihan pengunjung dari seluruh karya yang dipamerkan. Acara ditutup secara resmi oleh Koordinator Program Studi Arsitektur pada selasa, 20 juni 2023 dan dilanjutkan dengan foto bersama.

Sebagai Penutup

Dan sekarang, saat kita mengucapkan selamat tinggal pada pameran yang menawan ini, biarkan dampaknya yang mendalam bergema di kedalaman diri kita. Biarkan itu menyalakan api yang tak terpadamkan di dalam jiwa kita, mendesak kita untuk memandang dunia melalui lensa baru — lensa yang mengenali dan merayakan keindahan dan tujuan inheren yang tertidur di setiap struktur yang kita temui. Karena arsitektur, seperti kehidupan itu sendiri, adalah permadani ide dan inspirasi yang terus berkembang, mengadaptasi dan membentuk jalinan dunia tempat kita tinggal.

Sampai bertemu di pameran berikutnya, semoga semangat pameran yang luar biasa ini tetap melekat di hati kita, mendorong kita maju dengan komitmen yang tak tergoyahkan untuk merangkul kekuatan desain yang transformatif. Mari kita memulai misi kolektif untuk menciptakan dunia yang menghargai dan memupuk keindahan gemilang dan kecemerlangan visioner yang dihasilkan oleh aktivitas BerArsitektur kita. Sampai jumpa.

- Armin 2023