Akreditasi Program Studi Arsitektur

Akreditasi - 12 September 2022 - 12:00 AM

Balikpapan - Program Studi Arsitektur tengah melaksanakan asesmen lapangan akreditasi program studi yang diselenggarakan pada Jumat dan Sabtu, 19-20 Agustus 2022 pukul 09.00-17.00 WITA bertempat di Kampus Institut Teknologi Kalimantan. Proses asesmen lapangan dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting selama 2 (dua) hari. Asesor pada proses asesmen lapangan ini adalah Prof. Dr. Ing. Ir. Widjaja Martokusumo dari Program Studi Arsitektur Institut Teknologi Balikpapan dan Dr. Ir. Jawoto Sih Setyono, MDP. dari Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Diponegoro.

Akreditasi ini dihadiri oleh Rektor ITK, Prof. Ir. Budi Santosa, M.S., Ph.D., Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof. Nurul Widiastuti, S.Si., M.Si., Ph.D., Ketua Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan ITK Dr. Eng. Ardiansyah Fauzi, S.T., M.T., M.Eng., Ketua Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan ITK (2018-2022) Ir. Andika Ade Indra Saputra, S.T., M.T., Koordinator Program Studi Arsitektur Nadia Almira Jordan, S.T., M.T., Ketua Pusat Jaminan Mutu ITK Rahmania, S.Pd., M.Sc., Gugus Jaminan Mutu Jurusan, Para dosen arsitektur, mahasiswa arsitektur, serta unit-unit layanan tingkat institut. Acara hari pertama dibuka dengan sambutan dari Rektor ITK yang sekaligus menjelaskan secara singkat kondisi dan tata kelola ITK secara umum. Acara dilanjutkan dengan pemaparan serta klarifikasi hasil Lembar Evaluasi Diri Program Studi oleh Ketua Jurusan dan Koordinator Program Studi. Acara hari pertama diakhiri dengan wawancara dengan para dosen arsitektur.

Asesmen lapangan dalam rangka akreditasi program studi hari kedua diawali dengan tur fasilitas di sekitar Kampus ITK secara virtual kemudian dilanjutkan dengan wawancara dengan staff serta mahasiswa Program Studi Arsitektur. Acara dilanjutkan dengan pembacaan rangkuman penilaian serta klarifikasi hasil penilaian dalam berita acara pelaksanaan. Acara hari kedua ditutup dengan kata penutup dari asesor lapangan disertai dengan foto bersama.

Pada Selasa, 06 September 2022 hasil akreditasi telah diumumkan oleh BAN PT dan Program Studi Arsitektur dinyatakan telah terakreditasi dengan predikat BAIK berdasarkan surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT No. 5909/SK/BAN-PT/Ak/S/IX/2022 dengan masa berlaku 06 September 2022 - 06 September 2027. Melalui akreditasi ini diharapkan menjadi permulaan bagi program studi dalam menjaga serta meningkatkan kualitas mutunya dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta penunjang dan menjadi batu loncatan untuk terus berbenah dan memberikan pelayanan terbaik bagi mahasiswa untuk ke depannya. Sertifikat akreditasi dapat dilihat pada laman akreditasi ini


-Armin (2022)-